Free Website Hosting
Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

08 January 2009

SEjarah Blog

Kata “Blog” memang tidak asing lagi bagi mereka yang sering berinternet kata blog itu sendiri merupakan singkatan dari web log, blog adalah sebuah situs yang asal muasalnya merupakan diary online yang dibuat oleh siapa pun, dimana pun, kapan pun, dan dapat dihat dimana pun diseluruh dunia ini. Isi sebuah blog cenderung lebih lugas, jujur, terus terang, apa adanya, dan lebih fenomenal di bandingkan dengan web lain pada umumnya.
Menurut sejarah yang tercatat di dalam Wikipidia, istilah weblog diperkenalkan atau lebih tepatnya dipakai pertama kali oleh John Barger pada tahun 1997. Selanjutnya, istilah ini disempurnakan lagi oleh Peter Merholz di tahun 1999 yang menyebut istilah "we blog" menjadi "weblog". Sekarang, weblog lebih dikenal dengan istilah yang lebih singkat, yaitu "blog". Selanjutnya, istilah ini mengacu pada website diary online yang ditulis oleh siapa pun dan ditujukan secara terbuka untuk semua orang.
Dalam sejarahnya, salah satu pionir Weblog adalah Xanga yang pada tahun 1997 memiliki koleksi sekitar 100 weblog saja. Kemudian dalam perkembangannya, di tahun 2005 saja Xanga telah memiliki lebih dari 50 juta weblog yang terdaftar di tempatnya.
Blog menjadi jauh lebih populer ketika dua orang dari Pyra Labs, yaitu Evan Williams dan Meg Hourihan menciptakan situs khusus para pembuat blog bernama Blogger.com yang kini diakuisis oleh Google, Sampai saat ini, Blogger masih banyak dipakai dan menjadi pesaing kuat Wordpress.

No comments:

New Cell